OS 'Sembarang Tempat' Puppy Linux 3.0 (Tampa harus menginstal)

Kabar baik buat kita yang ingin kenal dan belajar Linux namun malas jika harus meng-install sistem operasi (OS) ke hardisk mungkin kita sekarang kita bisa mencoba Puppy Linux.

OS ini mampu dijalankan langsung dari CD dan USB tanpa harus mengkopi ke hardisk. Dengan kata lain, OS ini bisa disebut sebagai sistem operasi 'sembarang tempat'. Kini, versi terbarunya pun siap meluncur.

Keunikan inilah yang membuat Puppy Linux berbeda dari OS lainnya. Puppy Linux 3.0 -- juga masih menyedot ukuran yang cukup mungil, tak sampai 100 Mb.Puppy juga bisa digunakan dalam berbagai komputer lama, sarana demo pengenalan Linux ataupun sebagai sistem operasi darurat.

Meski mungil, Puppy diklaim punya desain yang handal, mudah digunakan serta berfitur optimal. Aplikasi bawaan yang disertakan pun cukup banyak termasuk Sea Monkey/Mozilla Application Suite, AbiWord, Sodipodi ataupun Gnumeric.

Menurut pengembangnya, Barry Kauler, Puppy Linux 3.0 telah mengalami upgrade cukup banyak dari versi sebelumnya. Salah satunya terkait kompabilitas Puppy Linux dengan distro Linux lawas, Slackware.

Silakkan baca selengkapnya di www.detiknet.com.....!
Categories:

0 comments:

Post a Comment